KELILING ASIA TENGGARA SELAMA 14 HARI ( TRAVEL ON A BUDGET )

Kenapa Asia tenggara jadi tujuan ku travelling tahun ini sebenarnya karena ketidaksengajaan. Awalnya aku ingin pergi ke Nepal saat persiapan sudah 90% tiba-tiba penerbanganku di batalkan oleh maskapai yang aku gunakan, masalah operasional katanya. Karena uang sudah terkumpul, aku dan temanku berfikir untuk tetap liburan hitung-hitung sebagai hadiah untuk diriku sendiri karena udah wisuda di tahun ini. Akhirnya kita memutuskan untuk berkeliling Asia Tenggara saja menggunakan jalur darat, dengan perhitungan waktu maupun budget dalam 14 hari aku bisa mengunjungi 5 negara sekaligus!

DESTINASI

Salah satu keuntungan keliling Asia Tenggara kalian bisa langsung menjelajahi beberapa negara sekaligus tanpa harus pusing memikirkan Visa karena Indonesia termasuk bagian dari ASEAN jadi untuk berkeliling ke sesama negara anggota ASEAN kita gaperlu punya Visa, asik ga sih?

peta111

Untuk pemilihan jalur setiap orang beda-beda, ada yang memilih Singapura – Vietnam – Kamboja – Thailand – Malaysia atau Sebaliknya. Pemilihan Jalur benar-benar tergantung kalian, kalau aku memilih jalur yang sebaliknya yaitu Malaysia – Thailand – Kamboja – Vietnam – Singapura. Karena lewat jalur ini aku bisa mengunjungi ke 5 negara dengan biaya transportasi yang lebih murah.

PRO – TIPS : 

Carilah tiket yang paling murah untuk di setiap negara sebagai opsi penerbangan, jadi ga melulu biasa nya orang lewat jalur A kalian sangklek ngikutin orang tersebut. Improvisasi dikit untuk jalur perjalanan kalian bisa memangkas biaya transportasi jadi lebih murah. Apalagi kalau ada tiket promo langsung di beli aja 😉 dan jangan pas musim hujan atau high season karena harga tiket pesawat jauh lebih mahal.

Pemilihan waktu menurut aku pribadi 14 hari merupakan waktu yang pas buat mengelilingi Asia Tenggara, tidak terlalu lama tetapi kalian udah bisa mengunjungi berbagai tempat di setiap negara. Aku menghabiskan waktu 1 hari di Malaysia, 6 hari di Thailand, 1 hari di Kamboja, 5 hari di Vietnam dan 1 hari di singapura. Setiap traveler punya alasan tersendiri untuk pemilihan waktu tinggal di suatu negara, untuk itu lama berada di suatu negara tergantung kenyamanan kalian.

ITINERARY ASEAN

NOTE :

Dalam setiap perjalanan aku saranin untuk membuat itinerary atau rencana perjalanan terlebih dahulu, mau pergi kemana, bagaimana cara ketujuan tersebut, harus naik apa. Dari penyusunan itinerary yang jelas kalian bisa tau uang yang diperlukan selama liburan karena kalian perlu menukarkan mata uang ke money changer terlebih dahulu dan waktu yang kalian gunakan lebih efisien. Walaupun aku udah membuat rencana perjalanan bukti nya banyak juga tujuan yang dihilangkan ataupun diganti dengan tujuan lain entah karena perjalanan yang dituju terlalu jauh ataupun biaya yang dikeluarkan ternyata cukup mahal. Selama kalian dan partner travelling kalian asik aku rasa not always stick to the plan will be okay.

TEMPAT WISATA :

Malaysia, disini aku hanya transit sebelum ke Thailand karena terbatasnya waktu jadi aku cuman pergi ke KLCC untuk melihat the iconic Petronas Twin Towers . Kalian hanya  perlu mengeluarkan biaya untuk makan dan transportasi menuju ke KLCC dari tempat asal kalian. Sebenarnya kalau kalian punya waktu yang banyak selain KLCC kalian juga bisa berkunjung ke Batu Cave, Bukit Bintang maupun Brickfield dimana tempat-tempat wisata ini gratis.

Thailand, Selama 6 hari di Thailand banyak sekalian tempat wisata yang bisa dikunjungi. Di hari pertama aku berada di  Hatyai ( perbatasan Malaysia – Thailand ) disini aku cuman transit, sambil menunggu bus ke Bangkok aku hanya jalan-jalan mencari thai tea, mengunjungi Four Face Buddha, sisanya menunggu di terminal dan mencari makan.  Hari berikutnya aku udah sampai di Bangkok, disini aku pergi ke Chinatown, Coin Museum, Grand Palace, Wat Arun, kelilling Ayyuthaya dan Chatuchak Market.

Kamboja, awalnya di itinerary ku Angkor wat menjadi salah satu alasan aku pergi ke kamboja, tetapi karena pertimbangan biaya masuk ke Angkor Wat yang lumayan mahal $37 dan dipikir-pikir lebih baik uang nya di alokasikan ke tempat wisata lain jadi aku batal pergi ke Angkorwat, hanya numpang lewat istilah nya aku pergi ke Kamboja ini.

Vietnam, 5 hari disini aku pergi ke Mũi Né untuk melihat white sand dunes, red sand dunes, fishing village dan fairy stream. Kemudian pergi ke daerah Phú Hiệp mengunjungi Củ Chi Tunnels, terowongan pada masa perang di Vietnam. Keliling-keliling Hồ Chí Minh City buat belanja tas rotan di Ben Than market, mengunjungi Commitee Hall, Cathedral Notre dame, Central Post Office dan Tan dinh church.

Singapura, transit selama 1 hari di Singapura benar-benar ga ngerasa bosan. Karena di Changi Airport kalian dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti tour gratis modalnya hanya passport dan boarding pass, kalian bakalan diajak keliling Singapura untuk melihat Marina Bay Sand, Merlion Park dan Gardens by the bay.

PRO – TIPS :

  1. Di setiap perbatasan kalian siapin uang lebih buat jaga-jaga jika ada pihak imigrasi yang ” nakal “. Karena waktu aku di Poipet pihak imigrasi meminta 100 Baht, walaupun ga ada peraturan tertulis yang mengharuskan turis membayar dan pada saat aku keluar dari Kamboja menuju Vietnam aku dan turis-turis lainnya juga harus bayar 2 USD pfffttttt.
  2. Tukarkan sebagian besar uang kalian dalam bentuk dollar, karena nilai tukar Dollar masih tinggi di wilayah Asia Tenggara. Kemudian pada saat sampai di negara tujuan baru kalian tukarkan dollar ke mata uang yang berlaku. Another pro-tips, saat di Indonesia tukarkan dulu rupiah kalian ke mata uang negara yang kalian akan kunjungi pertama kali untuk memudahkan pembelian tiket Bus ke negara selanjutnya apabila kalian mau membeli on the spot ataupun untuk menggunakan transportasi lokal nya.
  3. Install aplikasi Grab karena di Thailand, Kamboja dan Vietnam kalian dapat gunakan jasa transportasi online ini kalau males menggunakan transportasi umum.

TOTAL PENGELUARAN

  1. Tiket PP Kereta Yogyakarta – Jakarta = Rp. 148.000,-
  2. Tiket pesawat CGK – KUL = Rp. 519.000,-
  3. Tiket pesawat SGN – CGK = Rp. 1.080.275,-
  4. Malaysia 1 hari = 92,8 MYR
  5. Thailand 6 hari = 4924 Baht
  6. Kamboja 1 hari = 19,5 USD
  7. Vietnam 5 hari = 2.077.500 VND
  8. Singapura 1 hari = 8,07 SGD

TOTAL DALAM RUPIAH = Rp. 5.920.626,52,- ( Total ini juga bisa berubah tergantung currency yang ada di money changer saat kalian menukar uang )

Pengeluaran diatas sudah termasuk makan sehari 3x, jajan, transportasi antar negara dan di dalam kota, biaya penginapan, belanja oleh-oleh, retribusi tempat wisata dan scamming tuk-tuk HAHAHAHA.

Kurang lebih begitulah itinerary umum perjalananku keliling Asia Tenggara selama 14 hari, ini hanya itinerary pertama untuk detail setiap negara akan ada di tulisanku selanjutnya. Kalau kalian ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar atau bisa direct message aku di instagram @gandesgurlian.

Save more, travelling more 😉

#travelling #backpacker #ASEAN #backpacking #travel

Advertisements